Bahaya Penggunaan Masker Kain Terlalu Lama

Bahaya Penggunaan Masker Kain Terlalu Lama

Disaat pandemi virus corona yang melanda hampir di seluruh negara, banyak sekali orang yang menggunakan masker bedah atau masker kain. Walaupun itu masker kain atau masker N95, semua jenis masker akan menimbulkan efek samping.

Efek samping itu sendiri bisa beragam jenis. Seperti sakit kepala, sesak nafas karena hipoksida sampai komplikasi serius.
Untuk menghindari hal tersebut anda bisa mengurangi durasi penggunaan masker kain. Seperti mengganti masker setiap 4 jam sekali.

Jadi jangan merasa lega begitu saja hanya karena yang penting pakai masker. Untuk itu penggunaan yang benar dalam memakai masker juga perlu diperhatikan. Seperti masker yang bisa menutup area mulut dan hidung akan lebih efektif dalam pencegahan virus. Untuk persediaan anda silahkan tekan disini.

Sebuah studi yang lebih baru terhadapĀ 159 petugas kesehatan antara usia 21 dan 35 menemukan, sebanyak 81% mengalami sakit kepala akibat penggunaan masker wajah, yang membuat pekerjaan mereka terpengaruh.

Para peneliti menemukan, masker mengurangi kadar oksigen darah (pa02) secara signifikan. Semakin lama durasi pemakaian masker, semakin besar penurunan kadar oksigen dalam darah,” kata Blaylock.

Potensi masker mengurangi kadar oksigen pada pemakainya penting, bukan hanya karena ini bisa menyebabkan pingsan, tetapi juga karena masker tersebut dikaitkan dengan berkurangnya kekebalan alami.

Kalaupun harus beraktivitas di luar ruangan atau berada di tempat banyak orang berkumpul selama lebih dari 8 jam, enggak ada salahnya kita membawa masker cadangan dan menggantinya setiap 4 jam sekali.

Hal ini karena masker yang digunakan dalam waktu lebih dari 4 jam berpotensi dihinggapi banyak bakteri dan virus, disebabkan oleh berbagai cairan yang keluar dari rongga pernapasan berupa uap dan tertampung oleh masker.

Leave comment